Rss Feed
  1. Bismillaahirrahmaanirrahiim :)

Berangkat dari ragam tanya rekan rekan mengenai potensi alam Kota Kebumen, saya melaju bersama Flipper (nama motor saya :v). Menyapa panaroma asri khas Kebumen. Potensi endemik asli Kota Beriman. Juga terima kasih untuk rekan tersayang yang sedia menemani perjalanan saya. (Peluk Cium untuk Hanna, Nduk Tiwi, Yayu Pi, Teh Intan, Jeng Ayu ^_^ juga Bang Tomi, abang gue yang paling pesek). Dan mari saya kenalkan pada mereka yang membuat saya jatuh cinta setiap hari pada satu kota sederhana ini. Kota tanpa Mall bertingkat atau Hotel Bintang Lima.
                Menyusuri Jalan Lingkar Selatan dengan label Jalan Deandles dari arah timur (Yogya), inilah wisata Bahari Kebumen #PartOneJilidSatu^_^

1.      Pantai Pasir (Kecamatan Ayah, Gombong)

Tak sesuai namanya Pantai Pasir dominan terisi oleh kerikil dan baru koral kemudian jajaran perahu nelayan. Pantai balik bukit dengan mengambil sisi kiri dari arah belokan sebelum menuju Pantai Karangbolong (kalau ke kanan ke Karangbolong, ke kiri ke Pantai Pasir dan Menganti), perjalanan masih  tentang menyusuri jalur selatan. Mengabaikan laju kanan di ujung percabangan arah Cilacap.
    Menikmati topografi dan jalan yang kian romantis, Pantai Pasir layak ditembus dengan decak kagum. Ikuti saja kelak-kelok jalannya, bersiap dengan tanjakan, turunan, pun dengan tikungan, lantas jika bertemu dengan pertigaan di kiri jalan. Dengan papan kayu yang mengarahkan ke Pantai Pasir, Pantai Ayah, Pantai Menganti. Tinggal pilih destinasi ^_^
    Berdampingan dengan area Tempat Pelelangan Ikan dengan nama serupa, mengunjungi Pantai Pasir masih belum berbayar dan berfasilitas wisata. Parkir di area parkir pelelangan ikan, berjalan sekitar lima puluh meter ditengah pematang ikan, dan disanalah debur pantai bersembunyi dibalik jajaran biru perahu-perahu kayu nelayan aktif.
    Bibir pantai yang kasar, serta kanan-kiri tebing adalah fenomena unik yang tak ada di pantai lain sepanjang Kebumen. Endemik Kebumen. Kunjungan ke pantai pasir adalah tentang kunjungan menikmati keheningan hidup. Bercengkrama dengan diri bersama lagu latar nyanyian angin. Tanpa perlu mengejar angin, kita merdeka di sana.

Foto By RisaRiiLeon

2.      Pantai Menganti (Kecamatan Ayah, Gombong)
    Membawa kekhasan dari bukit karst, pantai ini resmi menjadi satu-satunya si pasir putih dalam jajaran pasir hitam pantai selatan. Terletak di balik bukit tinggi, Menganti memiliki jalur tuju yang menikam. Saya sudah sangat berani untuk menjajalnya, sayang bahkan Flipper dengan gigi satunya tak mampu menanjak di jalan cabang pertama itu. Resmilah, Pantai Menganti masih menjadi destinasi lokal idaman saya. :”( Seseorang ayooo ajak saya kesana :”)
    Katanya seperti lekukan teluk, pantai Menganti masih ramah dengan deburan halus ombaknya, dengan bukit mercusuar di atasnya, dengan karang-karang gigih rata sepanjang jalunya, pun dengan pasir putih sisi barat yang nampak selalu perawan. Sayangnya, aroma amis sisa ikan nelayan kadang masih tercium.
    Beberapa fasilitas yang sudah disediakan cukup beragam, dari sekedar kamar mandi juga tempat makan. Semuanya ada.

3.      Pantai Ayah (Gombong)
    Selamat datang di pantai penuh kenangan :D haha Ayah. Setidaknya Pantai Ayah adalah saksi atas putusnya saya dengan putus asa kala mengikuti diksar Pecinta Alam semasa SMA :P Enggan merengek meski kaki sudah penuh lecet. Enggan merajuk meski wajah sudah nyaris tak berbentuk. Juga tentang kunjungan kelas Gethukers kala liburan semester dulu.  Huwaaa rabakal lali pokokmen.
    Terletak di Kecamatan Ujung Kulon Kebumen dengan nama Kecamatan Ayah, pantai ini layak menjadi tujuan wisata peretas gundah. Ambil laju kiri di belokan arah Rowokele sebelum perbatasan Kebumen Banyumas di Gombong, kemudian mengikuti jalan terus saja hingga bertemu dengan papan tunjuk jalan. Menuju Goa Jatijajar, Goa Petruk, Pantai Ayah atau Cilacap. Ambil arah Goa Petruk untuk merangkul arah Pantai dan Cilacap.

Masjid dekat perbatasan Kebumen-Banyumas, saya sarankan untuk shalat disini sebelum ke pantai :D

Perbatasan Kebumen-Banyumas, nah sebelum perbatasan ada jalan ke selatan, arah ke Pantai Ayah, Goa Petruk, sama Goa Jatijajar