KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Puji syukur penulis panjatkan kepada
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan observasi dan
menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Laporan ini merupakan
hasil pengamatan langsung penulis di
Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho
Surakarta.
Tersusunnya laporan ini tidak
terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih
kepada yang terhormat :
1.
Sarjoko selaku Pengurus Yayasan Pusat
Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta yang telah memberikan ijin untuk observasi
2.
Umi Badaroh, A.Md selaku guru kelas
TK A yang sudah
membantu.
3.
Hasfina R, S.Pdi selaku guru kelas TK
B yang sudah membantu.
4.
Selaku guru kelas PAUD/KB/TPA yang sudah
membantu.
5.
Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
Dalam penyusunan laporan ini penulis
berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, namun penulis menyadari
bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu dengan lapang hati penulis mengharap saran dan kritik yang membangun
untuk menjadi masukan dan sebagai tambahan bagi penulis.
Akhir kata penulis mengucapkan
terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan kepada penulis. Semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Surakarta,
29 Desember 2011
Penulis
VISI
DAN MISI
YAYASAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR
MASYARAKAT AR-RIDHO SURAKARTA
Visi
Mewujudkan Generasi Penerus yang Berilmu, Bertaqwa
dan Berakhlak Mulia
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sehingga
anak dapat menguasai umum
2. Pengetahuan sesuai dengan tingkat pengembangan
3.
Menyelenggarakan pendidikan yang dapat menanamkan nilai-nilai islam pada anak
didik sejak usia dini
4.
Menciptakan suasana belajar yang sehat, aman, tertib dan menyenangkan bagi anak
5.
Menanamkan aqidah, akhlak dan pengetahuan agama bagi anak-anak
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG OBSERVASI
Observasi merupakan suatu kegiatan mengamati, melihat
serta menganalis suatu kegiatan dan seperangkat informasi yang diperoleh dengan menggunakan indera. Hasil dari observasi akan
berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, walaupun objek yang diamati sama.
Hal ini disebabkan karena pelaksanaan dan pengetahuan dari subjek observasi
juga berbeda-beda.
B. TUJUAN OBSERVASI
Pengamatan yang penulis lakukan ini memiliki beberapa
tujuan antara lain:
1.
Untuk mengetahui keadaan fisik Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
2.
Untuk mengetahui letak dan area Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
3.
Untuk mengetahui struktur organisasi Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
4.
Untuk mengetahui operasional kegiatan Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
5.
Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran di Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
6.
Untuk mengetahui permainan yang ada di Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
C. METODE OBSERVASI
Untuk memperoleh data dan informasi dalam observasi
penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut :
1.
Metode wawancara yaitu pengumpulan data dilakukan
dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang menjadi
narasumber.
2.
Metode pustaka yaitu untuk memperoleh landasan teori dengan
maksud untuk digunakan dalam pembahasan masalah.
3.
Metode pengamatan yaitu pengumpulan data dilakukan
dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek. Dalam
hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran yang
ada di Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta, khususnya kegiatan di
kelas TK, PAUD/Kelompok Bermain/ Tempat Penitipan Anak dari awal hingga akhir.
D. SISTEMATIKA LAPORAN
Laporan ini disusun dalam beberapa acuan yang diuraikan dan dijelaskan
dalam bentuk-bentuk bab-bab yaitu :
BAB I : Pendahuluan
Berisi tentang
latar belakang, tujuan observasi, metode penulisan dan sistematika laporan.
BAB II : Hasil Observasi
Berisi tentang
administrasi, kegiatan-kegiatan, hubungan sekolah, orang tua dan masyarakat
serta perilaku anak didik di TK, PAUD, dan TPA.
BAB III : Kesimpulan dan Saran
Berisi
kesimpulan hasil observasi dan hasil analisisnya serta memuat saran yang
diajukan untuk TK, PAUD, dan TPA Yayasan Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
BAB IV : Penutup
Berisi penutup
dari penulis dengna menyusun laporan ini.
BAB
II
HASIL
OBSERVASI
A.
FISIK TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
a.
Letak
TK,
PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
Ar-Ridho Surakarta.
Letak
TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
Ar-Ridho Surakarta yaitu di Desa Kenteng, Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon
Kota Surakarta.
b.
Keadaan
TK,
PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
Ar-Ridho Surakarta.
Keadaan
TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Ar-Ridho Surakarta sudah cukup baik
sebagai wilayah edukasi yang kondusif. Dengan bangunan gedung milik sendiri,
terdiri atas tiga ruang belajar untuk ruang kelas TK A, ruang kelas TK B dan
ruang kelas KB/TPA, ruang guru dan staff, ruang pembelajaran untuk kegiatan
masyarakat seperti kejar paket ataupun pelatihan keterampilan, toilet, tiga
bangunan gazebo yang biasa di gunakan untuk pembelajaran outdoor, sebuah kolam
renang, serta halaman bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan
berkreasi anak anak. Suasananya kondusif dalam artian baik dan mendukung
sebagai tempat belajar yang tenang dan aman.
c. Alat Permainan
Ø Alat Permaninan
Indoor :
1) TK
Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
1)
Gambar presiden dan wakil presiden
2)
Gambar pancasila
3)
Poster bergambang binatang
4)
Poster bergambar alat-alat transportasi
5)
Poster bergambang bunga
6)
Poster bergambar baju adat Indonesia
7)
Poster bergambar alat-alat musik
8)
Poster bergambar 4 sehat 5 sempurna
9)
Poster bergambar sholat 5 waktu
10) Poster bergambar
huruf hijaiyah
11) Poster bergambar
tata cara wudhu
12) Poster bergambar
nama hari-hari
13) Poster bergambar
angka
14) Poster bergambar
sayur mayor
15) Poster bergambar
rukun islam
16) Poster bergambar
mengenal bahasa
17) Poster bergambar
nama bulan Islam
18) Gambar huruf
alphabet
19) Gambar latihan
membaca
20) Gambar alat
musik tradisional
21) Kalender
22) Kipas angin
23) Almari untuk
tempat buku gambar siswa dan buku tulis
24) Gambar kegiatan
profesi orang
25) Gambar
pemandangan
26) Gambar alat-alat
komunikasi
27) Gambar
tempat-tempat ibadah
28) Gambar proses
terjadinya hujan
29) Tempat duduk dan
meja siswa
30) Tempat untuk
meletakkan pensil berwarna dan krayon
31) Jam dinding
32) Mading untuk
menempelkan hasil karya siswa
33) Gunting
34) Resensi murid
35) Funny blocks
(alat permainan bongkar pasang) dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna yang
berbeda.
36) Alat mencocok
37) Berbagai jenis
puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran, puzzle binatang, puzzle
gambar buah)
38) Plastisin
39) Keranjang sampah
40) Balok susun
41) Papan tulis
42) Jadwal kegiatan
pelajaran
2) Pendidikan
Anak Usia Dini/Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
Ar-Ridho Surakarta.
1. Kalender
2.
Kipas angin
3.
Kuda kudaan kayu
4. Almari untuk
tempat buku gambar siswa dan buku tulis
5. Gambar kegiatan
profesi orang
6. Gambar
pemandangan
7. Gambar alat-alat
komunikasi
8. Boneka berbentuk
hewan
9. Berbagai jenis
puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran, puzzle binatang, puzzle
gambar buah)
10. Plastisin
11. Keranjang sampah
12. Balok susun
13. Papan tulis
14. Jadwal kegiatan
pelajaran
15. Tempat duduk dan
meja siswa
16. Tempat untuk
meletakkan pensil berwarna dan krayon
17. Jam dinding
18. Mading untuk
menempelkan hasil karya siswa
19. Gunting
20. Resensi murid
21. Funny blocks
(alat permainan bongkar pasang) dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna yang
berbeda.
22. Poster
bergambang bunga
23. Poster bergambar
baju adat Indonesia
24. Poster bergambar
alat-alat musik
25. Poster bergambar
4 sehat 5 sempurna
26. Poster bergambar
sholat 5 waktu
27. Poster bergambar
huruf hijaiyah
28. Poster bergambar
tata cara wudhu
29. Poster bergambar
nama hari-hari
30. Poster bergambar
angka
31. Poster bergambar
sayur mayur
32. Poster bergambar
rukun islam
33. Poster bergambar
mengenal bahasa
34. Poster bergambar
nama bulan Islam
35. Gambar huruf
alphabet
36. Gambar latihan
membaca
37. Gambar alat
musik tradisional
38. Gambar presiden
dan wakil presiden
39. Gambar pancasila
40. Poster
bergambang binatang
41. Tempat
Mandi Bola.
Ø Alat Permainan
Outdoor.
Ø
Ayunan (ayunan gantung dan ayunan geser)
Ø
Prosotan
Ø
Jungkat-jungkit
Ø
Jembatan pelangi
Ø
Bola dunia
Ø
Kuda-kudaan dari
kayu
Ø
Tangga kubus,
Ø
Kolam renang,
Ø Ring
basket, dll
A. OPERASIONAL KEGIATAN TK,
PAUD, KB/TPA
1.
Kegiatan anak
Berdasarkan
hasil observasi saya, untuk siswa TK masuk pada 07.00 WIB, siswa PAUD dan KB/TPA masuk pada
pukul 07.30 WIB. Anak-anak
datang sebelum jam masuk dengan atau tanpa diantar oleh keluarganya.
Anak mengikuti
kegiatan pembelajaran seperti yang akan diuraikan di bawah ini. Sedangkan pada
jam istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan outdoor,
sebagian ada yang membeli makanan ringan pada penjual yang ada di halaman
ataupun di serambi.
Anak-anak pulang
pada pukul 10.00, sedang khusus KB/TPA akan di tunggu
sampai pukul 14.00 WIB
setiap harinya.
2.
Kegiatan guru
Jumlah guru yang
ada di Yayasan
PKBM Ar-Ridho ada 6 orang, dengan masing masing kelas
dua guru. Para guru
datang ke Yayasan dan anak-anak sudah menunggu di depan pintu. Guru membersihkan dan
menata ruang kelas kemudian baru memulai pembelajaran. Ketika pembelajaran
selesai, guru merapikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas
kemudian berdiskusi dengan guru lainnya di ruangan kantor baru kemudian pulang.
3.
Kegiatan orang tua/pendamping
Sebagian siswa datang tanpa diantar orang tua mereka, karena umumnya
jarak rumah mereka cukup dekat. Namun ada juga anak yang diantar dan dijemput
orang tuanya setiap hari. Pada waktu istirahat, para orang tua siswa ada yang menyuapi anaknya, ada yang mengobrol dengan
wali muridnya yang lain, ada juga yang mengobrol dengan guru pengajar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan pada
hari Rabu, 14 Desember
2011, kegiatan
pembelajaran di :
A.
Kelas TK
v
Kegiatan Awal 30 menit yang dilakukan di teras TK
pukul 07.00-07.30
·
Baris
·
Berdoa
·
Hafalan doa’a sehari-hari
·
Menyanyi bersama-sama
·
Menari bersama sambil duduk kemudian sambil berdiri
·
Mengucapkan salam dengan memakai bahasa Indonesia dan
bahasa Inggris
v
Kegiatan Inti 60 menit yang dilakukan di tiap-tiap kelas
Berikut adalah
kegiatan-kegiatan yang telah saya observasi di kelas B1. Pada waktu itu,
kegiatan intinya adalah bertemakan makanan.
ü
30 menit pertama (pukul 07.30-08.00)
·
Menghafal asmaul husna
·
Menghafal rukun islam
·
Menyanyi lagu-lagu anak (Balonku ada lima)
·
Menghafal nama nabi dan rasul
·
Menghafal 4 sehat 5 sempurna
·
Kemudian guru menjelaskan fungsinya mengapa manusia
harus makan
·
Menyebutkan alat-alat untuk makan
·
Menyebutkan alat-alat untuk memasak
·
Menyebutkan makanan yang mengenyangkan
ü
30 menit kedua (pukul 08.00-08.30)
Guru membagikan
buku lembar kerja dan pensil berwarna kepada anak-anak kemudian guru memberikan
tugas kepada anak-anak berupa :
·
Belajar menulis
·
Melengkapi huruf
·
Mewarnai gambar
·
Membedakan benda-benda yang berbeda ukuran
v
Istirahat 30 menit (pukul 08.30-09.00)
Anak-anak yang
selesai mengerjakan tugasnya kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama 30
menit. Ada yang bermain di permainan outdoor, ada juga yang membeli jajanan dan
memakan bekal makanan mereka dengan disuapi atau tidak oleh orang tua mereka.
Namun ada juga yang masih mengerjakan tugasnya karena belum tugasnya tersebut
belum dapat diselesaikan.
v
Kegiatan Penutup
ü
Makan bersama-sama yang diadakan di masing
masing kelas. Kegiatan
tersebut dilakukan setiap satu bulan sekali setiap
pertengahan bulan (pukul
09.00-09.45)
·
Anak-anak diminta berkumpul
·
Membaca doa sebelum makan beserta artinya
·
Makan bersama. Ada yang makan sendiri namun juga ada
yang disuapi oleh orang tuanya.
·
Setelah selesai, guru membersihkan lantai dengan
dibantu oleh orang tua siswa sedangkan anak-anak bermain kembali.
ü
Lanjut kegiatan
belajar (09.45)
·
Mengahafal angka-angka dengan menggunakan bahasa Arab
·
Bernyanyi bersama (1+1 dan tanganku ke atas)
·
Menghafal doa sesudah makan beserta artinya
·
Menyanyikan lagu sifat-sifat rasul
·
Menyanyikan lagu rasa sayange
·
Membaca surat Al ‘Asr
·
Membaca doa selesai belajar
·
Mengucapkan salam “Assalamu’alaikum”
·
Mengucapkan salam “Selamat Siang dan Good Afternoon”
Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah berupa menulis.
B. Kelas
PAUD, KB/TPA.
v
Kegiatan Awal 30 menit yang dilakukan di teras TK
pukul 07.00-07.30
·
Anak anak masuk
kelas
·
Berdoa
·
Hafalan doa’a sehari-hari
·
Menyanyi bersama-sama
·
Menari bersama sambil duduk kemudian sambil berdiri
·
Mengucapkan salam dengan memakai bahasa Indonesia.
v
Kegiatan Inti 60 menit yang dilakukan di tiap-tiap
kelas.
Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang telah saya
observasi di kelas PAUD/KB/TPA. Pada waktu itu, kegiatan intinya adalah bertemakan alam.
ü
30 menit pertama (pukul 07.30-08.00)
·
Menyanyi lagu-lagu anak (Balonku ada lima,
Topi saya bundar)
·
Menyanyi lagu
dengan nama panggilan setiap anak
·
Menyanyi lihat
kebunku.
·
Kemudian guru menjelaskan fungsinya mengapa manusia
harus sayang
alam
·
Menyebutkan macam macam tanaman
·
Menyebutkan tanaman yang dapat di makan dan ada lingkungan
sekitar.
ü
30 menit kedua (pukul 08.00-08.30)
Guru membagikan
buku lembar kerja dan pensil berwarna kepada anak-anak kemudian guru memberikan
tugas kepada anak-anak berupa :
·
Belajar menulis
·
Menyanyikan
alfabet
·
Mewarnai gambar
v
Istirahat 30 menit (pukul 08.30-09.00)
Anak-anak yang
selesai mengerjakan tugasnya kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama 30
menit. Ada yang bermain di permainan outdoor, ada juga yang membeli jajanan dan
memakan bekal makanan mereka dengan disuapi atau tidak oleh orang tua mereka.
Namun ada juga yang masih mengerjakan tugasnya karena belum tugasnya tersebut
belum dapat diselesaikan.
v
Kegiatan Penutup
ü
Makan bersama-sama yang diadakan di masing
masing kelas. Kegiatan
tersebut dilakukan setiap satu bulan sekali setiap
pertengahan bulan (pukul
09.00-09.45)
·
Anak-anak diminta berkumpul
·
Membaca doa sebelum makan beserta artinya
·
Makan bersama. Ada yang makan sendiri namun juga ada
yang disuapi oleh orang tuanya.
·
Setelah selesai, guru membersihkan lantai dengan
dibantu oleh orang tua siswa sedangkan anak-anak bermain kembali
setelah mencuci tangan.
ü
Lanjut kegiatan
belajar (09.45)
·
Mengahafal angka dengan bahasa
indonesia.
·
Bernyanyi bersama (1+1 dan tanganku ke atas)
·
Menghafal doa sesudah makan beserta artinya
·
Menyanyikan lagu sifat-sifat rasul
·
Menyanyikan lagu rasa sayange
·
Membaca doa selesai belajar
·
Mengucapkan salam “Assalamu’alaikum”
v
Berdasarkan pengamatan saya, strategi pembelajaran
yang digunakan para guru di Yayasan PKBM Ar-Ridho adalah strategi demonstrasi, strategi bernyanyi,
strategi ceramah, dan strategi penugasan.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Dari observasi ini, dapat diambil kesimpulan bahwa:
1. TK,
PSUD/KB/TPA didirikan dan di kelola oleh suatu Yayasan Pemerintah
2. Guru
– guru yang mengajar di TK,PSUD/KB/TPA sudah mempunyai pendidikan yang sesuai
untuk jadi guru.
3. Anak
– anak di TK sudah lebih besar sekitar umur 4-6 tahun.
4. Anak
– anak di PAUD/KB/TPA sekitar umur 3-4 tahun.
5. Fasilitas
dan sarana prasarana di TK, PAUD/KB/TPA sudah lengkap.
6. Proses
pembelajaran di TK, PAUD/KB/TPA sudah teratur dan disiplin.
B. SARAN
Dari
analisis observasi, penulis mempunyai saran untuk Yayasan PKBM Ar-Ridho
Surakarta. Mudah- mudahan saran ini dapat bermanfaat bagi kelangsungan belajar mengajar
di Yayasan PKBM Ar-Ridho Surakarta :
Saran
dari penulis antara lain:
1. Sebaiknya
TK lebih menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga murid- murid nyaman dan
senang dalam belajar.
2. Adanya
hubungan baik antara guru dan wali murid.
3. Lebih
bisa disiplin waktu dan bisa mengatur waktu yang efektif sehingga pembelajaran
berjalan baik.
4. Pengelolaan
yang baik perlu di tingkatkan agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
5. Lebih
melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa
memperlancar proses pembelajaran.
BAB
IV
PENUTUP
Dengan
mengucapkan syukur alhamdulillah, akhirnya laporan hasil observasi di Yayasan
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho dapat di selesaikan dengan lancar.
Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan
pengalaman yang nantinya akan penulis butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi
seorang pengajar yang sudah mempunyai pengetahuan tentang Anak Usia Dini.
Sebagai penutup dari laporan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada
pihak- pihak yang membantu dalam penyelesaian laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak
kesalahandan kekurangan. Oleh karena itu, penulis minta maaf dan penulis
mengharapkan saran serta kritik yang membangun.
Demikian,
semoga laporan hasil observasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
0 comments:
Post a Comment