Rss Feed
  1. KATA PENGANTAR

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh
                Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan observasi dan menulis laporan hasil observasi tepat pada waktunya. Laporan ini merupakan hasil pengamatan langsung penulis di Yayasan
    Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
                Tersusunnya laporan ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat :
    1.     Sarjoko selaku Pengurus Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta yang telah memberikan ijin untuk observasi
    2.     Umi Badaroh, A.Md selaku guru kelas TK A yang sudah membantu.
    3.     Hasfina R, S.Pdi selaku guru kelas TK B yang sudah membantu.
    4.      Selaku guru kelas PAUD/KB/TPA yang sudah membantu.
    5.     Semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
                Dalam penyusunan laporan ini penulis berusaha seoptimal mungkin demi sempurnanya laporan, namun penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu dengan lapang hati penulis mengharap saran dan kritik yang membangun untuk menjadi masukan dan sebagai tambahan bagi penulis.
                Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan kepada penulis. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

                                                                                       Surakarta, 29 Desember 2011

                                                                                                Penulis






    VISI DAN MISI
    YAYASAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AR-RIDHO SURAKARTA
    Visi
    Mewujudkan Generasi Penerus yang Berilmu, Bertaqwa dan Berakhlak Mulia

    Misi
    1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sehingga anak dapat menguasai umum
    2. Pengetahuan sesuai dengan tingkat pengembangan
    3. Menyelenggarakan pendidikan yang dapat menanamkan nilai-nilai islam pada anak didik sejak usia dini
    4. Menciptakan suasana belajar yang sehat, aman, tertib dan menyenangkan bagi anak
    5. Menanamkan aqidah, akhlak dan pengetahuan agama bagi anak-anak




    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.  LATAR BELAKANG OBSERVASI
    Observasi merupakan suatu kegiatan mengamati, melihat serta menganalis suatu kegiatan dan seperangkat informasi yang diperoleh dengan menggunakan indera. Hasil dari observasi akan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, walaupun objek yang diamati sama. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan dan pengetahuan dari subjek observasi juga berbeda-beda.

    B.  TUJUAN OBSERVASI
    Pengamatan yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan antara lain:
    1.     Untuk mengetahui keadaan fisik Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    2.     Untuk mengetahui letak dan area Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    3.     Untuk mengetahui struktur organisasi Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    4.     Untuk mengetahui operasional kegiatan Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    5.     Untuk mengetahui kegiatan pembelajaran di Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    6.     Untuk mengetahui permainan yang ada di Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.

    C.  METODE OBSERVASI
    Untuk memperoleh data dan informasi dalam observasi penulis menggunakan metode-metode sebagai berikut :
    1.   Metode wawancara yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada responden yang menjadi narasumber.
    2.   Metode pustaka yaitu untuk memperoleh landasan teori dengan maksud untuk digunakan dalam pembahasan masalah.
    3.   Metode pengamatan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat, mengamati serta menganalisis apa yang menjadi objek. Dalam hal ini penulis melakukannya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran yang ada di Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta, khususnya kegiatan di kelas TK, PAUD/Kelompok Bermain/ Tempat Penitipan Anak dari awal hingga akhir.

    D.  SISTEMATIKA LAPORAN
    Laporan ini disusun dalam beberapa acuan yang diuraikan dan dijelaskan dalam bentuk-bentuk bab-bab yaitu :
    BAB I         :    Pendahuluan
                         Berisi tentang latar belakang, tujuan observasi, metode penulisan dan sistematika laporan.
    BAB II       : Hasil Observasi
                         Berisi tentang administrasi, kegiatan-kegiatan, hubungan sekolah, orang tua dan masyarakat serta perilaku anak didik di TK, PAUD, dan TPA.
    BAB III      : Kesimpulan dan Saran
    Berisi kesimpulan hasil observasi dan hasil analisisnya serta memuat saran yang diajukan untuk TK, PAUD, dan TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    BAB IV      : Penutup
                         Berisi penutup dari penulis dengna menyusun laporan ini.















    BAB II
    HASIL OBSERVASI

    A.    FISIK TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    a.     Letak TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    Letak TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta yaitu di Desa Kenteng, Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta.
    b.     Keadaan TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    Keadaan TK, PAUD, dan Kelompok Bermain/TPA Yayasan Ar-Ridho Surakarta sudah cukup baik sebagai wilayah edukasi yang kondusif. Dengan bangunan gedung milik sendiri, terdiri atas tiga ruang belajar untuk ruang kelas TK A, ruang kelas TK B dan ruang kelas KB/TPA, ruang guru dan staff, ruang pembelajaran untuk kegiatan masyarakat seperti kejar paket ataupun pelatihan keterampilan, toilet, tiga bangunan gazebo yang biasa di gunakan untuk pembelajaran outdoor, sebuah kolam renang, serta halaman bangunan yang cukup luas sebagai arena bermain dan berkreasi anak anak. Suasananya kondusif dalam artian baik dan mendukung sebagai tempat belajar yang tenang dan aman.
    c.      Alat Permainan
    Ø  Alat Permaninan Indoor :
    1)     TK Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    1)     Gambar presiden dan wakil presiden
    2)     Gambar pancasila
    3)     Poster bergambang binatang
    4)     Poster bergambar alat-alat transportasi
    5)     Poster bergambang bunga
    6)     Poster bergambar baju adat Indonesia
    7)     Poster bergambar alat-alat musik
    8)     Poster bergambar 4 sehat 5 sempurna
    9)     Poster bergambar sholat 5 waktu
    10) Poster bergambar huruf hijaiyah
    11) Poster bergambar tata cara wudhu
    12) Poster bergambar nama hari-hari
    13) Poster bergambar angka
    14) Poster bergambar sayur mayor
    15) Poster bergambar rukun islam
    16) Poster bergambar mengenal bahasa
    17) Poster bergambar nama bulan Islam
    18) Gambar huruf alphabet
    19) Gambar latihan membaca
    20) Gambar alat musik tradisional
    21) Kalender
    22) Kipas angin
    23) Almari untuk tempat buku gambar siswa dan buku tulis
    24) Gambar kegiatan profesi orang
    25) Gambar pemandangan
    26) Gambar alat-alat komunikasi
    27) Gambar tempat-tempat ibadah
    28) Gambar proses terjadinya hujan
    29) Tempat duduk dan meja siswa
    30) Tempat untuk meletakkan pensil berwarna dan krayon
    31) Jam dinding
    32) Mading untuk menempelkan hasil karya siswa
    33) Gunting
    34) Resensi murid
    35) Funny blocks (alat permainan bongkar pasang) dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna yang berbeda.
    36) Alat mencocok
    37) Berbagai jenis puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran, puzzle binatang, puzzle gambar buah)
    38) Plastisin
    39) Keranjang sampah
    40) Balok susun
    41) Papan tulis
    42) Jadwal kegiatan pelajaran
    2)     Pendidikan Anak Usia Dini/Kelompok Bermain/TPA Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho Surakarta.
    1.     Kalender
    2.     Kipas angin
    3.     Kuda kudaan kayu
    4.     Almari untuk tempat buku gambar siswa dan buku tulis
    5.     Gambar kegiatan profesi orang
    6.     Gambar pemandangan
    7.     Gambar alat-alat komunikasi
    8.     Boneka berbentuk hewan
    9.     Berbagai jenis puzzle (puzzle susun segitiga, puzzle susun lingkaran, puzzle binatang, puzzle gambar buah)
    10.  Plastisin
    11.  Keranjang sampah
    12.  Balok susun
    13.  Papan tulis
    14.  Jadwal kegiatan pelajaran
    15.  Tempat duduk dan meja siswa
    16.  Tempat untuk meletakkan pensil berwarna dan krayon
    17.  Jam dinding
    18.  Mading untuk menempelkan hasil karya siswa
    19.  Gunting
    20.  Resensi murid
    21.  Funny blocks (alat permainan bongkar pasang) dengan berbagai bentuk, ukuran dan warna yang berbeda.
    22.  Poster bergambang bunga
    23.  Poster bergambar baju adat Indonesia
    24.  Poster bergambar alat-alat musik
    25.  Poster bergambar 4 sehat 5 sempurna
    26.  Poster bergambar sholat 5 waktu
    27.  Poster bergambar huruf hijaiyah
    28.  Poster bergambar tata cara wudhu
    29.  Poster bergambar nama hari-hari
    30.  Poster bergambar angka
    31.  Poster bergambar sayur mayur
    32.  Poster bergambar rukun islam
    33.  Poster bergambar mengenal bahasa
    34.  Poster bergambar nama bulan Islam
    35.  Gambar huruf alphabet
    36.  Gambar latihan membaca
    37.  Gambar alat musik tradisional
    38.  Gambar presiden dan wakil presiden
    39.  Gambar pancasila
    40.  Poster bergambang binatang
    41.  Tempat Mandi Bola.

    Ø  Alat Permainan Outdoor.
    Ø  Ayunan (ayunan gantung dan ayunan geser)
    Ø  Prosotan
    Ø  Jungkat-jungkit
    Ø  Jembatan pelangi
    Ø  Bola dunia
    Ø  Kuda-kudaan dari kayu
    Ø  Tangga kubus,
    Ø  Kolam renang,
    Ø  Ring basket, dll







    A.  OPERASIONAL KEGIATAN TK, PAUD, KB/TPA
    1.     Kegiatan anak
    Berdasarkan hasil observasi saya, untuk siswa TK masuk pada 07.00 WIB, siswa PAUD dan KB/TPA masuk pada pukul 07.30 WIB. Anak-anak datang sebelum jam masuk dengan atau tanpa diantar oleh keluarganya.
    Anak mengikuti kegiatan pembelajaran seperti yang akan diuraikan di bawah ini. Sedangkan pada jam istirahat, anak-anak bermain di luar dengan alat permainan outdoor, sebagian ada yang membeli makanan ringan pada penjual yang ada di halaman ataupun di serambi.
    Anak-anak pulang pada pukul 10.00, sedang khusus KB/TPA akan di tunggu sampai pukul 14.00 WIB setiap harinya.
    2.     Kegiatan guru
    Jumlah guru yang ada di Yayasan PKBM Ar-Ridho ada 6 orang, dengan masing masing kelas dua guru. Para guru datang ke Yayasan dan anak-anak sudah menunggu di depan pintu. Guru membersihkan dan menata ruang kelas kemudian baru memulai pembelajaran. Ketika pembelajaran selesai, guru merapikan alat-alat yang digunakan dan membersihkan ruang kelas kemudian berdiskusi dengan guru lainnya di ruangan kantor baru kemudian pulang.
    3.     Kegiatan orang tua/pendamping
    Sebagian siswa datang tanpa diantar orang tua mereka, karena umumnya jarak rumah mereka cukup dekat. Namun ada juga anak yang diantar dan dijemput orang tuanya setiap hari. Pada waktu istirahat, para orang tua siswa ada yang menyuapi anaknya, ada yang mengobrol dengan wali muridnya yang lain, ada juga yang mengobrol dengan guru pengajar.

    B.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Berdasarkan hasil observasi yang saya lakukan pada hari Rabu, 14 Desember 2011, kegiatan pembelajaran di :
    A.    Kelas TK
    v Kegiatan Awal 30 menit yang dilakukan di teras TK pukul 07.00-07.30
    ·     Baris
    ·     Berdoa
    ·     Hafalan doa’a sehari-hari
    ·     Menyanyi bersama-sama
    ·     Menari bersama sambil duduk kemudian sambil berdiri
    ·     Mengucapkan salam dengan memakai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
    v Kegiatan Inti 60 menit yang dilakukan di tiap-tiap kelas
    Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang telah saya observasi di kelas B1. Pada waktu itu, kegiatan intinya adalah bertemakan makanan.
    ü 30 menit pertama (pukul 07.30-08.00)
    ·     Menghafal asmaul husna
    ·     Menghafal rukun islam
    ·     Menyanyi lagu-lagu anak (Balonku ada lima)
    ·     Menghafal nama nabi dan rasul
    ·     Menghafal 4 sehat 5 sempurna
    ·     Kemudian guru menjelaskan fungsinya mengapa manusia harus makan
    ·     Menyebutkan alat-alat untuk makan
    ·     Menyebutkan alat-alat untuk memasak
    ·     Menyebutkan makanan yang mengenyangkan
    ü 30 menit kedua (pukul 08.00-08.30)
    Guru membagikan buku lembar kerja dan pensil berwarna kepada anak-anak kemudian guru memberikan tugas kepada anak-anak berupa :
    ·     Belajar menulis
    ·     Melengkapi huruf
    ·     Mewarnai gambar
    ·     Membedakan benda-benda yang berbeda ukuran
    v Istirahat 30 menit (pukul 08.30-09.00)
    Anak-anak yang selesai mengerjakan tugasnya kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama 30 menit. Ada yang bermain di permainan outdoor, ada juga yang membeli jajanan dan memakan bekal makanan mereka dengan disuapi atau tidak oleh orang tua mereka. Namun ada juga yang masih mengerjakan tugasnya karena belum tugasnya tersebut belum dapat diselesaikan.
    v Kegiatan Penutup
    ü Makan bersama-sama yang diadakan di masing masing kelas. Kegiatan tersebut dilakukan setiap satu bulan sekali setiap pertengahan bulan (pukul 09.00-09.45)
    · Anak-anak diminta berkumpul
    · Membaca doa sebelum makan beserta artinya
    · Makan bersama. Ada yang makan sendiri namun juga ada yang disuapi oleh orang tuanya.
    · Setelah selesai, guru membersihkan lantai dengan dibantu oleh orang tua siswa sedangkan anak-anak bermain kembali.
    ü Lanjut kegiatan belajar (09.45)
    · Mengahafal angka-angka dengan menggunakan bahasa Arab
    · Bernyanyi bersama (1+1 dan tanganku ke atas)
    · Menghafal doa sesudah makan beserta artinya
    · Menyanyikan lagu sifat-sifat rasul
    · Menyanyikan lagu rasa sayange
    · Membaca surat Al ‘Asr
    · Membaca doa selesai belajar
    · Mengucapkan salam “Assalamu’alaikum”
    · Mengucapkan salam “Selamat Siang dan Good Afternoon”
    Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah berupa menulis.
    B.    Kelas PAUD, KB/TPA.
    v Kegiatan Awal 30 menit yang dilakukan di teras TK pukul 07.00-07.30
    ·     Anak anak masuk kelas
    ·     Berdoa
    ·     Hafalan doa’a sehari-hari
    ·     Menyanyi bersama-sama
    ·     Menari bersama sambil duduk kemudian sambil berdiri
    ·     Mengucapkan salam dengan memakai bahasa Indonesia.
    v Kegiatan Inti 60 menit yang dilakukan di tiap-tiap kelas.
    Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang telah saya observasi di kelas PAUD/KB/TPA. Pada waktu itu, kegiatan intinya adalah bertemakan alam.
    ü 30 menit pertama (pukul 07.30-08.00)
    ·     Menyanyi lagu-lagu anak (Balonku ada lima, Topi saya bundar)
    ·     Menyanyi lagu dengan nama panggilan setiap anak
    ·     Menyanyi lihat kebunku.
    ·     Kemudian guru menjelaskan fungsinya mengapa manusia harus sayang alam
    ·     Menyebutkan macam macam tanaman
    ·     Menyebutkan tanaman yang dapat di makan dan ada lingkungan sekitar.
    ü 30 menit kedua (pukul 08.00-08.30)
    Guru membagikan buku lembar kerja dan pensil berwarna kepada anak-anak kemudian guru memberikan tugas kepada anak-anak berupa :
    ·     Belajar menulis
    ·     Menyanyikan alfabet
    ·     Mewarnai gambar
    v Istirahat 30 menit (pukul 08.30-09.00)
    Anak-anak yang selesai mengerjakan tugasnya kemudian memanfaatkan waktu istirahat selama 30 menit. Ada yang bermain di permainan outdoor, ada juga yang membeli jajanan dan memakan bekal makanan mereka dengan disuapi atau tidak oleh orang tua mereka. Namun ada juga yang masih mengerjakan tugasnya karena belum tugasnya tersebut belum dapat diselesaikan.
    v Kegiatan Penutup
    ü Makan bersama-sama yang diadakan di masing masing kelas. Kegiatan tersebut dilakukan setiap satu bulan sekali setiap pertengahan bulan (pukul 09.00-09.45)
    · Anak-anak diminta berkumpul
    · Membaca doa sebelum makan beserta artinya
    · Makan bersama. Ada yang makan sendiri namun juga ada yang disuapi oleh orang tuanya.
    · Setelah selesai, guru membersihkan lantai dengan dibantu oleh orang tua siswa sedangkan anak-anak bermain kembali setelah mencuci tangan.
    ü Lanjut kegiatan belajar (09.45)
    · Mengahafal angka dengan bahasa indonesia.
    · Bernyanyi bersama (1+1 dan tanganku ke atas)
    · Menghafal doa sesudah makan beserta artinya
    · Menyanyikan lagu sifat-sifat rasul
    · Menyanyikan lagu rasa sayange
    · Membaca doa selesai belajar
    · Mengucapkan salam “Assalamu’alaikum”
    v Berdasarkan pengamatan saya, strategi pembelajaran yang digunakan para guru di Yayasan PKBM Ar-Ridho adalah strategi demonstrasi, strategi bernyanyi, strategi ceramah, dan strategi penugasan.

    BAB III
    KESIMPULAN DAN SARAN
    A.    KESIMPULAN
    Dari observasi ini, dapat diambil kesimpulan bahwa:
    1.     TK, PSUD/KB/TPA didirikan dan di kelola oleh suatu Yayasan Pemerintah
    2.     Guru – guru yang mengajar di TK,PSUD/KB/TPA sudah mempunyai pendidikan yang sesuai untuk jadi guru.
    3.     Anak – anak di TK sudah lebih besar sekitar umur 4-6 tahun.
    4.     Anak – anak di PAUD/KB/TPA sekitar umur 3-4 tahun.   
    5.     Fasilitas dan sarana prasarana di TK, PAUD/KB/TPA sudah lengkap.
    6.     Proses pembelajaran di TK, PAUD/KB/TPA sudah teratur dan disiplin.

    B.    SARAN
    Dari analisis observasi, penulis mempunyai saran untuk Yayasan PKBM Ar-Ridho Surakarta. Mudah- mudahan saran ini dapat bermanfaat bagi kelangsungan belajar mengajar di Yayasan PKBM Ar-Ridho Surakarta :
    Saran dari penulis antara lain:
    1.     Sebaiknya TK lebih menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga murid- murid nyaman dan senang dalam belajar.
    2.     Adanya hubungan baik antara guru dan wali murid.
    3.     Lebih bisa disiplin waktu dan bisa mengatur waktu yang efektif sehingga pembelajaran berjalan baik.
    4.     Pengelolaan yang baik perlu di tingkatkan agar tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya.
    5.     Lebih melengkapi fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran sehingga bisa memperlancar proses pembelajaran.




    BAB IV
    PENUTUP

    Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, akhirnya laporan hasil observasi di Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar-Ridho dapat di selesaikan dengan lancar. Laporan hasil observasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang nantinya akan penulis butuhkan dalam mempersiapkan diri menjadi seorang pengajar yang sudah mempunyai pengetahuan tentang Anak Usia Dini. Sebagai penutup dari laporan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak- pihak yang membantu dalam penyelesaian laporan ini.
    Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan observasi ini masih terdapat banyak kesalahandan kekurangan. Oleh karena itu, penulis minta maaf dan penulis mengharapkan saran serta kritik yang membangun.
    Demikian, semoga laporan hasil observasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
































  2. 0 comments: