Rss Feed
  1. Savety Games!

    Saturday 28 December 2013

    Bismillaahirrahmaanirrahiim :)


    Sabtu, 28 Desember 2013

    Alex


                Saya pernah membaca sebuah kalimat “Hidup adalah permainan” haha lucu menurut saya, namun menyikapi hal tersebut menerbitkan satu games dalam benak. Disponsori beberapa kali pengalaman dilapangan, terumuskanlah sebuah “savety games”. Yaps, permainan keselamatan yang saya konstruksikan berdasar permainan hidup kata rekan saya tadi serta pengalaman pribadi haha.
    ^O^
                Sesuai dengan nama permainan ini games savety, :D membawa genre racing kart finish dari permainan ini adalah tentang keselamatan :”). Dikembangkan berdasar pengalaman mengemudi motor dengan rute Solo – Klaten – Yogya – Purworejo – Kebumen juga sebaliknya, lalu Solo – Salatiga - Semarang juga Semarang – Salatiga – Semarang, serta Solo – Sragen (Sangiran) – Purwodadi – Pati dan arah sebaliknya. Interaktif untuk seperangkat sponshor yang akan saya sebutkan pada akhir review. Games ini mengemas pengalaman mengemudi diragama karakter daratan Indonesia dengan tokoh bernama Alex (laki laki) dan Lexa (perempuan). Nama pemain dapat dipilih sesuai selera gamer.
                 Berawal dengan memilih rute yang diinginkan.
    -          Solo – Sragen (Sangiran) – Purwodadi – Pati
    -          Solo – Yogya – Purworejo – Kebumen
    -          Solo – Salatiga – Semarang
                Dengan motor yang nantinya akan dipertandingkan dengan medan yang berbeda beda setiap levelnya, seperti berpasir, licin, jalan lurus berlubang, menanjak berpasir, menikung tajam, gelap saat malam, dan lain lain. Selain modal awal untuk bertanding (motor dan helm), gamer juga bisa memilih atau membeli boost (kacamata, masker, tetes mata, sarung tangan, dll) dan juga power up (bensin, air mineral, sebungkus nasi liwet anti kadaluarsa tanpa formalin :v) pendukung sebelum gamer memulai tantangan.
                Gamer juga bisa memodifikasi motor yang digunakan sesuai medan medan yang nanti akan dihadapi. Kontrol permainan ini sesuai dengan komitmen gamer saat mulai pernjalanan, untuk yang baru pertama kali harus beradaptasi cepat dengan medan. Motor disini berlajan secara otomatis ketika mesin sudah dinyalakan dan ada dua tombol kontrol disini. Pertama drift atau slide dan tombol untuk mengerem atau mundur yang terdapat pada layar.
                Dalam mengendarai ada dua tipe yang dapat digunakan, touch control atau tilt control. Untuk titlt control dapat dikatakan sulit, sebab jika terlalu kaku dan kurang sensitif tidak jarang gamer akan menabrak atau terjerumus mengendus dasar medan. Jika gamer sudah terbiasa dengan kontrol ini mungkin hal tersebut bukanlah suatu yang sulit.
                Gamers juga bisa mengeluarkan power slide ditikungan lintasan. Semakin lama melakukan power slide, makan semakin cepat gamers mendapatkan boost untuk menambah kecepatan. Yang menarik dalam game ini gamer hanya tidak boleh membunuh makhluk hidup. Ya, keselamatan menjadi point utama dalam games ini. setiap pembunuhan yang terjadi akan mengurangi nyawa gamer. Obyek pembunuhan disini tak sebatas manusia, namun juga serangga atau binatang serta tumbuhan. Dan ingat, sekali mesin menyala gamer harus menuntaskan perjalanan, mencapai garis finish dengan selamat. Menyerah dijalan sama dengan game over :P
                Ada banyak level yang ditawarkan dalam game ini. Dari level 50 cc hingga 150 cc. Tenang saja, ini games alur, dibuka dengan kemudahan, ditengahi klimaks kesulitan lalu ditutup anti klimaks kemudahan juga. Untuk tampilan visual dalam games ini sangat indah. Seindah indonesia dengan label ‘jamrud khatulistiwa’nya :”). Karakter yang cerdas dan latar belakang visual yang selalu sukses menuai decak kagum ciptaan Tuhan. Musik pengiringpun disesuiakan dengan ruang dengar games khas Indonesia.
                Berikut beberapa cuplikan untuk level level yang ditawarkan :
    Ø  Level I
                Saya tegaskan kembali bahwa medan yang dilalui gamer adalah jalan penuh lubang yang harus dihindari agar laju kendaraan tetap stabil. Tantangan pertama ialah ketepatan waktu untuk menginjak pedal rem dan kelincahan gamer mengendalikan laju motor diantara banyaknya rambu lalu lintas yang membatasi gerak sang gamer, juga ramainya jalan oleh pengguna lain. Lampu lalu lintas dengan jeda jarak beberapa meter, mobil mobil ukuran besar yang tak tahu diri main salip, juga pejalan kaki yang melupakan zebracross untuk menyebrang dan trotoar untuk berjalan santai. Pembukaan games yang bisa dianggap sebagai pemanasan. Dengan bonus beberapa polisis tidur yang menggunung dan berkelompok, nikmati saja getaran awal perjalanan. :D
    Ø  Level II
                Pada level ini gamer akan dimanjakan dengan desain visual yang menakjubkan. Hamparan sawah sebagai permadani hijau, siluet beberapa gunung nan jauh dimato beserta arakan awan yang enggan menjauh dari singgasananya, juga berjajar pohon pembatas jalan yang menyejukkan mata. Yes, diadaptasi dari visual alam khas Indonesia level ini memberi kesempatan gamer untuk mengurangi kecepatannya, menikmati setiap gas knalpotnya yang mungkin beberapa ratus tahun lagi merampas keindahan itu. Lantas apa tantangannya disini? Haha cerdas. Tantanganya adalah bagaimana gamer menjaga fokusnya pada tujuan, fokus bahwa dia sedang mengemudikan kendaraan (motor). Dengan tawaran pemandangan tersebut rasanya sayang jika dilewatkan bukan? :P Lubang lubang dijalan tetap ada, dan hindari untuk tidak menbrak beberapa binatang melata yang mungkin melintas sepanjang jalan.
                Setelah disuguhi kealamian pandang ekosistem Indonesia dipenghujung level visual berganti dengan riuhnya suasana kota besar. Kanan kiri penuh gedung bertingkat, asap knalpot melesat pekat, manusia jalan merayap padat, dan banner banner pejabat dengan senyum gigi rapat. Tantangan masih sama, hanya saja disini gamer harus berusaha untuk tidak menabrak rakyat jelata. Manusia manusia jalan dengan tangan menengadah -,-.

    Ø  Level III
                Jalan berpasir yang licin di ban motor (sebab proyek bangun jalan yang belum kelar kelar), tikungan tajam, serta tanjakan khas daratan gunung Indonesia akan mewarnai petualangan dilevel III ini. Nyaris serupa dengan visual di level II, pemandangan di level ini tak kalah menakjubkan. Sistem terasering yang cantik, atap atap kecil didataran bawah, pondok pondok dipematang sawah, serta sunset diantara rimbunya cemara puncak. Visual yang menguji kefokusan gamer, lagi lagi jalan semakin kasar dan tak beraspal, kanan kiri hutan, serta ketiadaannya lampu jalan (penerang maupun penertib lalu lintas). Malam adalah kesialan yang harus dilalui gamer untuk terhindar dari perosok jurang. Gelapnya jalan saat malam dan mencekamnya aura hutan, cukup menguji nyali dari gamer. Belum lagi truk truk besar penguasa malam dan jalur alternatif serta sepaket tanjakan – turunannya. Maka, tingkatkan kehati hatian pada level ini.

    Ø  Level IV
                Penutupan yang indah dari games ini adalah debur ombak dibibir pantai pasir putih. Jalan yang seadanya (belum aspal), dan terpaan pasir oleh angin, gamer diharuskan melewati gundukan gundukan pasir untuk mencapai finish. Sebelum dihadapkan dengan gundukan pasir, gamer disuguhi tantangan banyaknya insan insan yang lalu lalang dijalan, serta beberapa tikungan penuh kejut. Tetap hati hati saja :D.

                Ada beberapa bonus yang ditawarkan games ini jika gamer : Tidak tergoda untuk memberi mereka manusia jalanan, menegur pengendara dengan kendaraan roda dua yang standarnya masih tegak berdiri, menyeberangkan jalan pejalan kaki yang hendak menyeberang, menyingkirkan penghalang jalan (kecuali palang kereta api ye -,-), juga tetap tersenyum saat ada pengendara lain seenaknya sendiri ada poin poin yang dapat menambahkan power slide untuk gamer.
               
                Demikian sekilas games yang saya alami :D haha jangan percaya pada apa yang saya katakan, alamilah :”) Namun, ingat saat anda mencoba games ini, satu point penting “SAVETY!” perjalanan adalah tentang keselamatan untuk sampai pada tujuan. :”) Dan tujuan akhir dari setiap perjalanan adalah pulang dengan kerumah dengan selamat. :”)
                Berikut adalah sponspor terwujudnya games diatas :
    1.      Uniknya letak geologis Indonesia, tepat berada di pusat tumbukan Lempeng Tektonik Hindia Australia di bagian selatan, Lempeng Eurasia di bagian utara dan lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa, dan Nusatenggara, sedangkan dengan pasific di utara Irian dan Maluku Utara. Juga adanya pertemuan dua pegunungan muda (Pegunungan Sirkum Mediterania disebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik dibagian Indonesia Tengah) Hal tersebut jelas berdampak pada tatanan tektonik Indonesia yang kompleks. Pegunungan, Gunung Berapi, Kawah, Palung, Pantai, dll. Membuat manusia beradaptasi membuat jalan penuh kelok untuk tatanan tektonik yang elok tersebut.
    2.      Letak geografis Indonesia yang diantara dua benua (Asia dan Australia) serta diapit dua samudra (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik) sehingga membebaskan angin muson barat dan angin muson timur bertiup. Menghembuskan dua musim, kemarau dan penghujan. Menjadikan jalan retak kala kemarau dan licin berlubang saat hujan. :D
    3.      Sistem otonomi daerah yang disalahgunakan beberapa insan kurang kesadaran hidup penuh kebersamaan. Otonomi daerah dengan maksud meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah malah dialihkan dengan ajang pemerataan korupsi hingga kepemerintahan daerah. DuhMiris! -,-. Kasus kasus penggelapan dana pembangunan jalan menjadi sponsor utama atas perkara jalan pembunuh nomor tiga. -,-. Kasihan ya jalan disalahkan, ketika yang salah pemegang dana pembangunannya. Upss!
    4.      Dan karakter manusia yang mayoritas penyuka instan, cepat. :D Inilah faktor utamanya. :D Kebanyakan dari kita, menginginkan sesuatu itu cepat dan tepat terlaksana, hingga lupa pada keindaha proses yang menghasilkan ketepatan sama. Kita yang sering buru buru pulang, ingin cepat cepat sampai dirumah, cepat cepat sampai kantor/sekolah juga semua tujuan yang kita inginkan. Baginda Rosul pernah bersabda “Tergopoh – gopoh itu pembawaan dari syaitan, kecuali dalam lima perkara : 1. Mengawinkan anak perempuan jika telah sampai waktunya, 2. Membayar hutang jika sudah sampai janjinya, 3.Mengurus mayat bila datang ajalnya, 4. Menghormati tetamu di kala ia datang bertandang, 5. Bertaubat setelah mengerjakan dosa.” Juga ditegaskan oleh Riwayat Baihaqi “Bertenang tenanglah itu dari Allah dan terburu buru itu dari syaitan.” Nikmatilah perjalanan , terburu buru jika memang itu masuk dalam lima yang dibolehkan itu. :”) Hidup ini singkat, jika terburu buru mau kamu buat sesingkat apa hidup ini? :”) Sayangi hidupmu, dan pulanglah dengan selamat :”) ada keluarga yang selalu menunggu dirumah :”) be savety :D

    Beberapa artikel pendukung:

     
     
     

     


  2. 0 comments: